Minggu, 17 Juli 2011

blog pertama saya

ini merupakan postingan saya untuk teman teman semua.  kali ini saya akan menulis tentang  " merawat mesin pendingin ruangan / ac " 

Bila rumah Anda menggunakan pendingin ruangan atau air conditioner (AC), jangan lupa untuk merawatnya secara rutin. Sebab AC yang tidak dirawat secara berkala dan seksama, akan menimbulkan polusi udara dan juga menjadi tempat penyebaran penyakit, salah satunya penyakit saluran pernapasan.

AC yang kotor akibat jarang dibersihkan, dapat menyimpan berbagai virus dan bakteri yang secara terus menerus menyebar ke seluruh ruangan dan masuk ke indera penciuman para penghuninya. Akibatnya, si penghuni pun akan mengalami sakit pernafasan dan bau yang tidak sedap.

Berikut ini cara merawat pendingin ruangan ./ ac anda agar bekerja optimal :
Rawat kebersihan AC. Periksalah komponen saringan (filter) udara pada AC, minimal sebulan sekali. Penyaring udara yang kotor akan menghambat proses sirkulasi udara dan menjadi tempat yang nyaman bagi kuman, bakteri maupun jamur. Bakteri inilah yang akan mengalir ke bagian evaporator coil (gulungan penguap) kemudian menyebar kembali ke seluruh ruangan. Komponen AC yang kotor dapat mempengaruhi kinerja sistem pendingin menjadi lebih berat, sehingga tidak menghasilkan dingin yang maksimal dan boros akan listrik. Pembersihan ini dapat dilakukan dengan menyemprotkan filter/saringan udara dengan air bersih dan sabun cuci.
Periksa juga komponen kondensor pada outdoor AC. Bersihkan kondensor yang terletak di luar ruangan rumah dari debu. daun/ semak belukar yang dapat mengganggu sirkulasi panas kompresor. pembersihan ini dapat dilakukan dengan menyemprotkan air ke kondensor.
Ingat sebelum melakukan pembersihan , pastikan AC anda dalam keadaan mati / off.
Lakukan perawatan / pembersihan AC anda secara rutin minimal enam ( 6 ) bulan sekali sehingga dapat memperpanjang umur pemakaian AC anda dan menghemat pemakaian sumber daya listrik. Agar lebih aman anda dapat menggunakan jasa tukang service pendingiun yg anda percayai.
Sekian yang dapat saya sajikan  semoga dapat bermanfaat...
terimakasih 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar